Isu lingkungan merupakan isu yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan langkah-langkah mikro. Berbagai ilmuwan telah setuju bahwa masalah lingkungan harus diselesaikan secara sistemik dan melibatkan berbagai pihak secara internasional. Hal ini tentu saja bukan hal yang mudah. Tapi bukan hal yang mustahil.

Ini adalah video ceramah-ceramah para tokoh dunia tentang lingkungan. Video-video yang akan membuka wawasan kita tentang apa yang sedang terjadi dan bagaiman kita bisa berkontribusi untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

1. TEDEd – What Really Happens to The Plastic You Throw Away

Dalam video animasi khas TED Education ini dijelaskan tentang bagaimana daur hidup sebuah plastik. Untuk yang belum tahu bagaimana sebuah plastik akan diolah, bisa menyimak video singkat ini.

2. Suzanne Simard (2016) – How Trees Talk to Each Other

Deforestasi terjadi begitu cepat. Tanpa memahami apa yang sebenarnya tersimpan dalam sebuah hutan, kita tidak akan memahami mengapa hutan begitu penting tidak hanya untuk bumi, tetapi juga manusia.

Lewat video ini, Suzanne menjelaskan bagaiman pohon-pohon di hutan berinteraksi satu sama lain.

3. Marla Spivak (2013) – Why Bees Are Disappearing

Dalam video ini Marla menjelaskan bagaimana lebah semakin terdesak dengan situasi. Mereka menghilang akibat sistem pangan yang buruk.

Marla kemudian menjelaskan bagaimana manusia juga membantu para lebah untuk bisa bertahan, sebagaimana para lebah telah memberikan banyak manfaat pada manusia.

4. Paul Greenberg (2015) – The Four Fish We’re Over Eating And What to Eat Instead

Paul berusaha menjelaskan bagaimana pasar dan industri saat ini terlalu terobsesi dengan empat jenis produk ikan. Akibatnya, berbagai masalah lingkungan dan ekosistem terjadi.

Dalam video ini, Paul memaparkan gagasannya dan ikan apa yang seharusnya kita makan.

5. Tristram Stuart (2013) – The Global Food Waste Scandal

Kita sering kali membuang makanan hanya karena tampilannya tidak lagi seperti makanan segar. Bahkan sering kali kita membuangnya hanya karena kita berlebihan dalam mengambil porsi.

Tristam berusaha menjelaskan bagaiman dunia sebenarnya telah kelebihan makanan dan kelaparan seharusnya bisa diselesaikan dengan tingkat produksi pangan saat ini.

6. Leyla Acaroglu (2013) – Paper Beats Plastic? How to Rethink Environmental Folklore

Leyla mengajak kita untuk memikirkan bagaimana sebenarnya kita sering kali mengajukan pertanyaan yang salah terkait dengan isu-isu lingkungan. Bahkan langkah tindakan yang kita lakukan masih sering bermasalah.

Dalam video ini Leyla berusaha mendorong kita untuk bisa berpikir lebih sistemik dan memperhatikan hubungan antara sistem dengan manusia, melalui sebuah desain yang efektif.

7. Jeannette Garcia (2015) – A Super Strong Plastic That Reverts to Dust

Banyak orang mengira, peradaban manusia dapat bertahan dengan bebas plastik. Namun permasalahan sebenarnya terletak pada bagaimana kita mampu untuk menciptakan plastik yang ramah lingkungan dan dapat diolah kembali secara efisien dan efektif.

Garcia menjelaskan bagaimana dirinya menemukan sebuah material yang lebih kuat dari tulan dan mampu diolah kembali menjadi bubuk secara berulang-ulang tanpa mengurangi kualitasnya. Sehingga material ini akan mampu membuat sebuah pesawat dapat didegradasi dan didaur ulang sepenuhnya.


Saya memilih 7 video yang sekiranya cukup membuka wawasan kawan semua. Bukan yang terbaik bukan pula yang paling rumit. Harapan saya melalui video-video ini, kawan-kawan bisa memahami apa yang sebenarnya sedang ktia hadapi bersama. Kemudian mau dan mampu untuk mengubah keadaan.

Bagus Ramadhan

Eks jurnalis yang menjadi Travel Blogger untuk menginspirasi petualang mendalami isu pariwisata, sosial, lingkungan, dan inovasi.