Baranimus

Together we Discover

Photo by Jakob Owens

23 Negara yang Melarang Penggunaan Plastik

Tren kesadaran untuk menolak penggunakan plastik sekali pakai semakin meningkat di berbagai tempat. Konsumen menjadi semakin kritis dengan perilaku konsumsinya. Menghindari plastik sekali pakai dan mulai lebih peduli pada lingkungan.

Hal ini menarik karena menurut saya, perkembangan penolakan plastik jauh lebih cepat bisa diterima dari pada isu yang menurut para ilmuwan lebih penting yakni perubahan iklim. Padahal dampak yang ditimbulkan bisa jadi lebih berbahaya perubahan iklim dibandingkan dengan masalah limbah plastik.

BBC bahkan menyebut bahwa semangat melawan limbah plastik ini bisa berpotensi menjadi pengalih perhatian pada isu utama lingkungan yakni perubahan iklim.

Photo by Jakob Owens

Meski berpotensi menjadi distraksi, saya berpendapat bahwa tren penolakan plastik bisa menjadi pintu masuk bagi mereka yang mulai belajar memahami kepedulian pada lingkungan. Mungkin memang tidak sampai pada tingkatan memahami konsep perubahan iklim, namun mencintai bumi dengan mengurangi limbah sampah adalah salah satu cara yang baik.

Itu sebabnya daripada berdebat mana yang lebih penting sebaiknya kita sama-sama bergabung merawat bumi menjadi tempat tinggal yang ramah. Bukan hanya untuk manusia tetapi juga makhluk lainnya baik flora maupun fauna.

Nah, kali ini saya ingin berbagi sebuah daftar tentang negara atau kota-kota mana saja yang telah melakukan tindakan melarang plastik sekali pakai. Daftar ini menurut saya menjadi penting karena masalah lingkungan selalu harus melibatkan lintas kebangsaan. Tidak bisa sebuah negara atau bangsa dengan sendirian melawan isu ini.

Oke, lalu negara atau kota mana sajakah yang telah melarang? Berikut adalah daftarnya. (Diurutkan berdasarkan abjad negara)

1. Albania

Albania telah memberlakukan pelarangan penggunaan kantong plastik non-biodegradable pada Juli 2018 yang lalu. Albania menjadi negara balkan pertama yang memiliki pelarangan kantong plastik. 

2. Australia

Hampir seluruh negara bagian di Australia telah melarang penggunaan plastik. Negara bagian terbaru yang melakukan pelarangan adalah Queensland dan Australia Barat. Sementara negara bagian Australia Selatan, negara bagian Tasmania, wilayah Australia Utara, dan wilayah ibukota negara telah lebih dahulu melarang penggunan plastik. 

3. Seattle, Amerika Serikat

Kota di Amerika Serikat ini akhirnya meresmikan pelarangan penggunaan sedotan plastik dan alat-alat yang terbuat dari plastik sekali pakai pada Juli 2018 yang lalu. Kebijakan ini sebelumnya telah diujicoba pada setahun sebelumnya dengan kampanye Strawless in Seattle yang melibatkan 100 restoran, organisasi-organisasi olahraga, dan bandara. 

4. Bangladesh

Mungkin banyak yang tidak mengira bahwa Bangladesh menjadi negara pertama yang telah memberlakukan pelarangan plastik. Kebijakan pelarangan kantong plastik di Bangladesh terjadi pada tahun 2002 setelah negara tersebut mengalami banjir hebat yang diakibatkan oleh kantong plastik yang banyak menyumbat saluran air. 

5. Belanda

Kantong plastik telah dilarang peredarannya di Belanda sejak tahun 2016. Semenjak diberlakukannya kebijakan ini, para pelanggan lebih banyak membawa kantong mereka sendiri saat berbelanja.

6. Chili

Bulan Juni 2018 yang lalu Chili mengumunkan peraturan pelarangan kantong plastik untuk para pebisnis ritel. Pelarangan ini menjadikan Chili sebagai negara Amerika Selatan pertama yang melarang penggunaan kantong plastik. 

7. Cina

Cina merupakan salah satu negara yang berperan besar dalam daur ulang limbah plastik dunia. Sejak tahun 1988 hampir separuh limbah plastik dunia diolah oleh Cina. Namun sejak 2018 ini, Cina tidak lagi menerima impor limbah plastik. Hal ini berakibat pada sampah plastik di berbagai negara dunia yang tidak bisa didaur ulang. 

Meski tidak secara gamblang melarang penggunaan kantong plastik. Pelarangan ini seperti menunjukkan itikad baik Cina untuk melarang kantong plastik di masa mendatang. 

8. Georgia

Kantong plastik di Georgia sangat ditekan penggunaannya. Sejak September 2018 yang lalu Georgia melarang aktifitas penggunaan, impor, dan produksi kantong plastik

9. India

India telah menerapkan pelarangan penggunaan plastik sejak tahun 2017. Diawali dengan New Delhi kemudian kota Mumbai. Larangan ini juga mencakup larangan untuk membakar plastik dan sampah.

10. Indonesia

Bali menjadi provinsi pertama yang menerapkan larangan penggunaan plastik di Indonesia. Pelarangan ini akan efektif pada tahun 2019 mendatang. Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata penting di Indonesia dan sampah plastik terus mengancam keberlangsungan pariwisata di pulau tersebut. 

Selain Bali, beberapa kota juga telah menerapkan larangan kantong plastik seperti Bogor dan Banjarmasin.

11. Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang paling serius melawan sampah plastik dengan berbagai kebijakan. Di awal tahun 2018, Inggris mengumumkan pelarangan penggunaan produk yang mengandung plastik mikro (microbeads). 

Inggris juga menerapkan pajak untuk setiap penggunaan kantong plastik ukuran tertentu untuk menjadi disinsentif penggunaan kantong plastik. 
Tidak hanya itu, cotton buds juga dilarang meski hanya di Skotlandia. Sedotan plastik pun tidak ketinggalan mendapatkan larangan di negara ini. 

Sementara untuk botol plastik, Inggris menerapkan sistem insentif bagi konsumen agar mau mengembalikan botol pada lokasi-lokasi pengumpulan dan juga berusaha memperbanyak jumlah keran air minum untuk mengurangi pembelian air minum kemasan. 

Produk lainnya yang berusaha dikurangi oleh pemerintah Inggris adalah gelas kopi yang mengandung plastik. Pemerintah Inggris menerapkan pajak yang cukup tinggi untuk gelas kopi sehingga mengurangi minat untuk penggunaan gelas. 

Menariknya, teladan untuk tidak menggunakan sedotan dan botol plastik di Inggris dilakukan oleh keluarga kerajaan. Tindakan ini tentu saja akan berdampak pada masyarakat yang begitu menghormati para keluarga kerajaan. 

Photo by Hermes Rivera

12. Israel

Pelarangan penggunaan kantong plastik di Israel dimulai pada tahun 2017. Semenjak kebijakan ini berlaku, dalam rentang satu tahun Israel telah berhasil mengurangi jumlah sampah plastik sebesar 80 persen.

13. Hamburg, Jerman

Tingkat konsumsi kopi kapsul yang tinggi di Jerman mengakibatkan tingginya sampah dari produk ini. Penyebabnya adalah karena kopi kapsul merupakan produk sekali pakai. Alasan ini yang kemudian membuat kota Hamburg mulai melarang peredaran kopi kapsul

14. Kanada

Sama seperti Inggris, Kanada telah melarang produksi dan impor produk plastik mikro. Kebijakan ini telah berlaku sejak Juni 2016. Sementara di kota Montreal, pelarangan kantong plastik berlaku sejak awal tahun 2018. 

15. Kenya

Negara yang terletak di Afrika Timur ini telah lama menyadari masalah yang timbul akibat kantong plastik. Bahkan kampany pelarangannya menjadi bagian dari kampanye politik. Pelarangan kantong plastik akhirnya sah di tahun 2015. 

16. Maroko

Maroko adalah negara afrika selanjutnya yang melarang penggunaan kantong plastik. Kebijakan pelarangan resmi berlaku pada Juli 2016. Namun meski telah berjalan beberapa tahun, penegakan hukum yang lemah membuat penggunaan kantong plastik masih marak terjadi. Ini sebabnya penegakan hukum dalam pelarangan penggunaan kantong plastik menjadi hal yang penting. 

17. Oman

Meskipun telah menyatakan berkomitmen dalam UN Environment CleanSeas bersama Sri Lanka, Chile dan Afrika Selatan untuk melaran kantong plastik. Oman masih belum menentukan kapan kebijakan pelarangan kantong plastik diberlakukan.

18. Prancis

Bisa dikatakan, Prancis merupakan salah satu negara paling awal yang merancang hukum larangan penggunaan plastik di tahun 2016. Hanya saja peraturan pelarangan penggunaan alat makan plastik dan kantong plastik ini  baru akan berlaku efektif pada tahun 2020

19. Rwanda

Rwanda menjadi kasus pelarangan plastik yang paling menarik karena telah menetapkan peraturan bebas kantong plastik pada tahun 2008. Berkat kebijakan ini, Rwanda kerap menjadi rujukan dalam kajian dampak lingkungan dan ekonomi dari pelarangan kantong plastik. 

20. Selandia Baru

Mengikuti langkah Australia, Selandia baru juga memberlakukan pelarangan kantong plastik. Peraturan pelarangan berlaku pada tahun 2019 mendatang untuk para pelaku ritel. 

21. Sri Lanka

Sri Lanka melarang penggunaan kantong plastik sejak awal tahun 2018. Inisiatif Sri Lanka melarang kantong plastik dinyatakan dalam keterlibatannya pada UN Environment CleanSeas.

22. Taiwan

Taiwan menargetkan akan mampu bebas sampah plastik pada tahun 2030. Langkah awal yang ditempuh adalah dengan melarang restoran memberikan sedotan plastik di tahun 2019. Kemudian pada tahun 2020 melarang seluruh restoran dan ritel untuk menggunakan kantong plastik, pembungkus makanan, dan peralatan makan dari plastik. 

23. Vanuatu

Negara-negara di lautan pasifik merupakan negara-negara yang banyak terdampak dengan limbah plastik yang terbawa arus samudra. Vanuatu kemudian menjadi negara pertama yang menyatakan pelarangan penggunaan produk plastik sekali pakai. Pelarangan itu mencakup kantong plastik, sedotan plastik, dan pembungkus makan polistirena atau sterofoam. 


Photo by Sylvie Tittel

Melihat daftar di atas, sebagian besar kebijakan diberlakukan pada tahun 2018 dan 2019, ini menunjukkan bahwa memang tren melawan sampah plastik sedang meningkat di berbagai belahan dunia. Indonesia maju sebagai salah satu negara yang juga memiliki inisiatifu untuk mengurangi sampah melalui Bali.

Langkah ini menurut saya penting karena Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu negara yang paling bermasalah tentang limbah plastik. Berbagai lembaga maupun aktivis lingkungan dan pariwisata kerap mengungkap bagaimana destinasi wisata Indonesia menjadi buruk dan rusak karena sampah.

Namun, untuk mencegah apa yang terjadi di negara Maroko, kebijakan pelarangan penggunaan plastik harus dibarengi dengan penegakan hukum yang tegas. Maroko telah memperlihatkan bahwa kebijakan saja tidak cukup karena harus disertai dengan edukasi dan tindakan tegas.

Bagaimana menurutmu? Kira-kira negara mana lagi yang akan menerapkan larangan penggunaan plastik? Apakah kamu optimis dunia khususnya Indonesia akan bisa bebas dari sampah plastik? Sampaikan komentarmu di kolom komentar di bawah ya.

Bagus Ramadhan

Eks jurnalis yang menjadi Travel Blogger untuk menginspirasi petualang mendalami isu pariwisata, sosial, lingkungan, dan inovasi.

Previous

Sistem Review TripAdvisor Mengubah Dunia Travelling

Next

7 TED Talks Inspiratif Tentang Lingkungan

2 Comments

  1. Selamat siang Mas Bagus, infonya bagus. Supaya lebih bagus, saya mau kasih info yg bagus juga nih 😂. Kami punya produk kantong ramah lingkungan yg dibuat dr cassava starch murni mereknya Cassaplast.

    • Bagus Ramadhan

      Terima kasih apresiasinya pak Iwan.. Saya sudah simpan nomor kontaknya. Kapan-kapan saya kalau boleh ingin mengulas produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baranimus part of TEKNOIA Digital

23 Negara yang Melarang Penggunaan Plastik

by Bagus Ramadhan time to read: 5 min
2