Salah satu polusi sampah plastik terbesar saat ini datang dari sampah botol plastik minuman. Botol minum plastik sekali pakai yang mulanya bertujuan untuk mempermudah akses air minum untuk banyak orang, kini telah berubah menjadi musuh bagi lingkungan. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah botol seperti yang dilakukan oleh RefillMyBottle.

RefillMyBottle merupakan sebuah gerakan untuk menggunakan kembali botol minum lewat peta daring yang mencatat lokasi-lokasi pengisian air ulang.

Dalam peta tersebut, dipetakan berbagai tempat seperti kafe, resor, museum atau toko yang menyediakan pengisian ulang air minum. Tidak semuanya memang memberikan air minum secara gratis. Dalam daftar ini juga dijelaskan apakah air yang disediakan adalah gratis atau berbayar.

Peta ini menjadi solusi bagi orang yang telah membawa botol miliknya, namun kebingungan untuk mengisinya kembali dengan air minum. Seperti para traveler, pendatang domestik, atau siapapun yang memiliki semangat untuk mengurangi sampah plastik.

Apalagi, ilmuwan menjelaskan bahwa mengisi kembali botol minum sekali pakai adalah tindakan berbahaya. Karena dalam botol minum sekali pakai sangat rawan terkontaminasi senyawa kimia dari bahan plastik botol.

Menariknya, gerakan ini pertama kali lahir dari Bali. Sebuah destinasi wisata dunia yang ada di Indonesia dan saat ini memang tengah berjuang untuk menyelamatkan pariwisatanya dari polusi sampah plastik.

RefilMyBottle mengungkapkan bahwa ada sebanyak 6 juta botol yang dibuang setiap bulannya di Bali. Buruknya sistem manajemen sampah di Bali membuat botol-botol tersebut hanya menumpuk di tempat pembuangan sampah akhir atau hanyut terbawa air menuju lautan. Ada pula yang dibakar yang alih-alih menyelesaikan masalah sampah, malah membuat polusi asap beracum.

Hingga saat ini RefillMyBottle telah digunakan di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam hingga India total telah ada 9 negara dengan 750 lebih partner. Ratusan pendukung gerakan ini akan sangat membantu mereka yang membutuhkan air minum tanpa harus membeli botol sekali pakai.

Aplikasi ini memiliki sebuah sistem gamifikasi berupa reward yang akan diberikan pada pengisi air minum berdasarkan titik-titik yang telah ditentukan. Para pengisi ulang air minum ini berkesempatan untuk mendapatkan diskon di lokasi pengisian atau partner yang terlah ditentukan.

Namun, saya sendiri belum menemukan titik pengisiran air minum berdasarkan aplikasi ini di Surabaya. Tapi untuk kamu yang ingin menemukan stasiun pengisian air minum di Jakarta atau Bali, kamu bisa unduh aplikasi RefillMyBottle sekarang. Aplikasi ini tersedia di Appstore dan Playstore.

Bagus Ramadhan

Eks jurnalis yang menjadi Travel Blogger untuk menginspirasi petualang mendalami isu pariwisata, sosial, lingkungan, dan inovasi.