Beberapa waktu lalu diperingati hari hutan sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret. Setiap tahun hari yang diresmikan sejak 21 Maret 2012 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa itu merayakan dan berusaha meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hutan.

Terkait dengan tema itu, kali ini saya ingin bercerita tentang sebuah kabar yang mengungkap bahwa sebenarnya bumi lebih hijau dalam beberapa dekade terakhir.

Kok bisa? Pertanyaan tentu muncul ketika kita dihadapkan pada banyak sekali kabar menyedihkan tentang kondisi hutan di bumi.

(more…)

Dimohon untuk tidak membawa makanan dari luar kereta, terima kasih

Kalimat itu terdengar dari sebuah pengumuman di kereta ekonomi jurusan Jakarta-Surabaya beberapa waktu lalu. Saya yang menjadi salah satu penumpang di kereta tersebut terkejut karena baru kali ini pengumuman seperti ini disampaikan di seluruh gerbong.

Saya kemudian berpikir, apakah ini cara PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk meraup untung melalui makanan di atas kereta?

(more…)

Masalah makanan terbuang adalah masalah pelik dalam budaya ekonomi modern yang kini sedang di hadapi manusia. Ketika dahulu Thomas Malthus khawatir bahwa makanan tidak akan mampu mengikuti jumlah pertumbuhan manusia, kini manusia yang harus berhadapan dengan jumlah makanan yang terus meningkat. Masalahnya adalah, distribusi makanan yang tidak merata.

Ini adalah cerita tentang cara masyarakat modern menghadapi surplus pangan.

(more…)

Hari ini 8 Maret dikenal sebagai hari Perempuan Sedunia. Berbagai tokoh perempuan di berbagai bidang ditampilkan sebagai pejuang di lingkungannya masing-masing. Termasuk Greta Thunberg, yang saya putuskan untuk saya ceritakan kisahnya di sini. Ini adalah cerita tentang seorang remaja asal Swedia yang berani bersikap dan bertindak untuk keberlangsungan masa depan bumi.

(more…)

Salah satu polusi sampah plastik terbesar saat ini datang dari sampah botol plastik minuman. Botol minum plastik sekali pakai yang mulanya bertujuan untuk mempermudah akses air minum untuk banyak orang, kini telah berubah menjadi musuh bagi lingkungan. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah botol seperti yang dilakukan oleh RefillMyBottle.

(more…)

Penyelamatan lingkungan saat ini dipercaya bergantung pada inisiatif pemerintah dan brand. Brand secara khusus dituntut untuk bisa lebih bertanggung jawab terhadap produk yang mereka ciptakan dan jual. Tuntutan ini semakin hari semakin masif, karena generasi z rupanya dinilai memiliki perhatian begitu besar pada lingkungan.

(more…)